carpe diem and carpe diem

Shanti Sudarmadi

Hari ini saya bangun pukul 5 pagi karena memang sudah berencana mengikuti misa minggu pagi pukul 06.30 di gereja St. Matius Bintaro. Jadi total jam tidur saya malam tadi hanya 3 jam saudara-saudara.

Entahlah, sejak mulai mengikuti pendidikan DIV awal januari lalu, jam biologis saya mendadak aneh. Berubah-ubah tidak teratur dan sekarang stabil dengan tidak bisa tidur di bawah jam 2 malam. Ini sangat tidak sehat, kawan!! Tapi apa daya, kecanduan kopi dan pola yang sudah melekat dengan hari-hari saya sekarang ini susah sekali untuk diubah (at least untuk saat ini). Bangun di malam hari dan tidur nyenyak di siang hari. 

Apakah ini sehat? Tentu saja tidak. Dan kalau ditanya ingin berubah atau tidak, untuk saat ini bagi saya belum, karena tuntutan perkuliahan saya mengharuskan saya untuk bertahan seperti ini sementara waktu. Kenapa? Karena saya orang yang agak sulit berkonsentrasi di waktu siang, dan bisa efektif dalam menghafal, menganalisa…

View original post 314 more words

